Cara Boot ke Mode Pemulihan (Safe Mode) di Ubuntu


Terkadang ada yang salah, bahkan pada sistem Linux, dan Anda perlu cara untuk mengembalikan komputer Anda ke fungsionalitas penuh. Pada Windows, Safe Mode biasanya merupakan pilihan pertama untuk kembali dan memperbaiki masalah. Namun, di Linux sebenarnya tidak ada mitra langsung. Pada sebagian besar distribusi Linux solusinya melibatkan penggunaan live CD untuk mengakses file di hard drive Anda atau bahkan menggunakan chroot. Ubuntu telah menghadirkan solusi cerdas dalam mode pemulihan. Ini memungkinkan Anda melakukan beberapa tugas pemulihan utama, termasuk boot ke terminal root untuk memberi Anda akses penuh untuk memperbaiki komputer Anda.
Catatan : Ini hanya akan berfungsi pada Ubuntu, Mint, dan distribusi terkait Ubuntu lainnya.

Pemulihan

Saat Anda mem-boot komputer Anda, tunggu logo pabrik mem-flash dari BIOS. Jika komputer Anda melakukan boot terlalu cepat, Anda harus segera melakukannya setelah dinyalakan. Tekan cepat tombol Shiftatau EscapeDi komputer yang lebih baru, mungkin EscapePengaturan waktunya harus mendekati sempurna pada beberapa komputer, jadi Anda mungkin harus menekannya berulang kali.

Dengan sedikit keberuntungan Anda akan tiba di menu boot GRUB Ubuntu. Tepat di bawah opsi boot reguler Anda, Anda akan melihat entri untuk "Opsi Lanjut." Pilih dan tekan Enter.

GRUB akan membawa Anda ke menu baru. Ke bagian bawah Anda akan melihat salah satu entri dengan "Pemulihan" tercantum dalam tanda kurung.

Anda akan tiba di layar sederhana dengan latar belakang biru dan kotak berisi serangkaian opsi pemulihan. Ini adalah menu pemulihan utama untuk Ubuntu, dan ini memungkinkan Anda untuk melakukan banyak tugas umum yang Anda perlukan untuk memperbaiki sistem yang rusak.

Terminal Root


Sejumlah besar masalah hanya dapat diselesaikan sebagai root, dan mereka membutuhkan lebih banyak intervensi manual daripada apa yang disediakan opsi default di menu pemulihan. Ketika sepertinya Anda berurusan dengan salah satu dari kasus ini, pilih "Drop to root shell prompt" untuk boot ke terminal root.

Segera setelah Anda memilihnya, Anda akan melihat bagian bawah layar Anda beralih ke terminal dan masuk sebagai root. Sebelum Anda dapat melakukan banyak hal, Anda harus membuat ulang partisi root drive Anda. Secara default, ini dipasang hanya-baca untuk tujuan keamanan, tetapi Anda mungkin perlu memodifikasi sesuatu. Untuk mengirim ulang dengan izin menulis, jalankan perintah berikut.
Jika Anda memiliki partisi tambahan yang perlu Anda kerjakan, Anda harus melakukan remount juga. Itu termasuk ketika direktori "/ home" Anda berada di partisi yang terpisah. Anda dapat mengirim ulang semuanya sekaligus hanya dengan:
Sekarang Anda siap untuk menggali di dalam sistem Anda dan menyelesaikan masalah yang mencegah Anda untuk boot secara normal. Anda akan memiliki akses ke semua yang ada di sistem Anda sebagai root, jadi berhati-hatilah agar tidak merusak apa pun dalam proses. Membuat cadangan, bahkan hanya salinan dari file yang Anda modifikasi, adalah ide bagus. Setelah Anda menemukan dan memperbaiki masalah, reboot sistem Anda dan boot secara normal.
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://www.gagalsarjana.web.id/. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *