Melakukan root di android? pertimbangkan Kelebihan dan Kekuranganya!

root android


Gagal Sarjana - akan menjelaskan tentang apa itu root, beserta kekurangan dan kelebihanya HP Android yang di-root.
sebenarnya pasti sudah gak asing lagi isitilah root tapi gak sepenuhnya paham? Atau ingin mencoba-coba mengutak ngatik HP Andoid kamu?
Sebelum kamu menyesal dan salah langkah hanya ingin ikut-ikutan orang lain, lebih baik baca dulu penjelasan lengkap mengenai apa itu root!.
dari beberapa sumber di jelaskan bahwa, Root adalah proses dimana kamu bisa memiliki akses penuh sampai ke akar-akarnya dalam sistem operasi perangkat kamu, dalam hal ini adalah Android.

Akan Tapi, tahukan kamu apa itu Root secara mendalam?

Kalau belum mengetahui benar apa itu fungsi dari Root dan apa saja kelebihan serta kekurangannya, jangan pernah sekali-kali kamu Melakukan rooting/meroot android.

Tapi tenang .Gagal Sarjana akan memberikan pengertian lengkap, kekurangan maupun kelebihan dari Root pada perangkat Android.

Apa Itu Root? Begini Penjelasan Lengkapnya!Arti Kata Root
Root dapat diartikan sebagai akar dalam bahasa Indonesia.
Jadi, yang dimaksud dengan apa itu Root adalah dimana pengguna mendapatkan kendali atau akses sepenuhnya dari smartphone Android miliknya.
Jadi, jika kamu mendapatkan akses Root di smartphone Android kamu, kamu bebas melakukan apapun di perangkat kamu.
sebenarnya Sistem operasi Androidmempunyai basis Linux yang artinya kita dapat memodifikasi sistem operasi ini sesuai kemauan pengguna alias open source .
tidak ada yang melarang pengguna untuk memodifikasi sistem operasinya.
Namun, memang ada beberapa produsen mengunci sistem operasi Android yang biasa disebut Lock Bootloader yang ada di perangkatnya, seperti  Xiomi,Sony, ASUS dll.
Jadi, sebenarnya ketika kamu membli HP Android, tidak semua fitur bisa kamu akses karena memang dikunci oleh pihak yang memproduksinya.

Akan tetapi, untuk mendapatkan akses tersebut, kamu Harus me-root HP Android kamu.

kenapa harua diadakan Lock Bootloader Jika masih Bisa Di-Root?

Semuanya pastinya mengacu pada keamanan perangkat Android tersebut. Karena, dengan dibukanya akses Root, pengguna bisa melakukan apapun di dalam perangkatnya.
Tentu saja, pengguna juga bisa merubah sistem keaman pada perangkatnya dan dapat berakibat kerusakan pada perangkatnya, bahkan kemungkinan virus pun lebih besar.
oleh karena itu, para produsen smartphone juga ingin agar aplikasi bawaan yang telah disediakan tersebut tidak dapat dihapus.atau hal lainnya.
Akses Root pada perangkat Android sendiri mempunyai beberapa kelebihan, makanya para pengguna ingin mempunyai akses tersebut.

Inilah beberapa kelebihan Root smartphone Android:

1.Kita dapat menghapus Aplikasi Bawaan
dan lebih Pastinya, aplikasi ini juga memakan memori internal dan juga RAM di smartphone kamu apalagi ram/memori internal kamu terbatas.

2.dapat melakukan Backup dan Restore Aplikasi

cara ini agar smartphone kamu tetap dalam kondisi yang sehat terus kamu pasti melakukan factory Reset. Nah, pasti kamu akan merasa repot jika harus meng-install ulang semua aplikasi.
Cara paling ampuh dan mudah adalah dengan mem-backup semua dengan aplikasi lewat Titanium Backup.
tetapi, Titanium Backup sendiri harus mempunyai akses Root untuk melakukan backup maupun restore aplikasi.

3. Kontrol Kernel dan CPU

Dengan adanya akses Root di smartphone, kamu bisa melakukan overclock pada CPU smartphone kamu. Overclock Yaitu dapat diartikan sebagai memaksa prosesor untuk dapat melakukan pekerjaannya sampai maksimalnya. Sudah pasti, dengan di-overclock-nya prosesor, smartphone kamu akan terasa lebih cepat dan ringan jadi serasa hp gahar.

4. Menghindari Wakelock

Wakelock adalah kondisi dimana sistem yang terbangun oleh aplikasi-aplikasi yang terus menerus berjalan di background. Kondisi ini pastinya dapat membuat smartphone kamu terasa lebih lambat dan cepat menghabiskan baterai juga.
Untuk mengatasinya, kamu dapat memangfaatkan aplikasi Greenify yang akan membuat aplikasi masuk ke mode hibernasi saat tidak digunakan.

5. Meng-edit Build.prof

untuk memaksimalkan kinerja smartphone Android adalah dengan cara meng-edit file build.prop yang dapat kamu kases di /system/build.prop.
Kamu juga bisa melakukan tweak pada baterai, memori, dan masih banyak lagi lewat file ini.

Bahaya dan Kerugian Root pada Smartphone Android

Walaupun mempunyai banyak kelebihan jika mempunyai akses Root pada perangkat Android, tapi ternyata akses ini juga mempunyai bahayanya juga lho. Berikut bahaya Root smartphone Android

1. Garansi Hilang

jika kamu ingin Root smartphone kamu, usahakan lakukan setelah masa garansi habis.
Memang sih, kamu bisa saja Unroot smartphone yang telah kamu Root, akan tetapi vendor sudah mempunyai cara khusus untuk mendeteksi perangkatnya sudah di-Root atau belum.

2. Tidak Bisa Update Sistem Operasi Secara OTA

Dengan di-Root-nya hp Android, kamu tidak akan bisa melakukan update OS secara OTA (Over The Air) alias langsung dari smartphone . Ini semua karena dengan di-Root-nya perangkat Android , ada beberapa sistem bawaan yang telah terhapus saat proses rooting.

3. Celah Keamanan Semakin Lebar

Salah satu alasan pengguna untuk Root smartphone Android-nya adalah agar dapat menyisipkan sistem modifikasi dari luar.
Jika pengguna saja bisa menyisipkan sesuatu dari luar, apa lagi si hacker dan virus? Makanya, lebih baik pikir-pikir lagi sebelum rooting smartphone kamu.

4. Dapat Menurunkan Performa

Proses tweaking atau menambahkan sistem dari luar untuk smartphone yang telah di-Root justru dapat menjadi bumerang untuk smartphone Android .
Faktornya bisa karena terlalu banyak tweak, atau karena tweak tersebut tidak cocok untuk smartphone kamu lalu terjadilah yang dinamakan bootlop.

5. Malfungsi pada Smartphone Kamu

Proses rooting smartphone bukanlah perkara yang mudah. Setidaknya sudah harus menguasai sistem-sistem pada sistem operasi Android dan paham tentang apa itu Root.
Jika kamu sampai salah langkah, niat untuk mendapatkan akses Root pada smartphone Android malah berubah jadi malapetaka untuk smartphone.
Akhir Kata

Jadi, apakah root itu berbahaya? yang harus kamu ingat, mendapatkan akses Root atau tidak itu adalah hak keputusan masing-masing pengguna dan sesuaikan dengan kebutuhan juga.
Jika kamu memang berniat mendapatkan akses Root di smartphone, kamu harus tanggung sendiri resiko yang sudah dijelaskan di atas ya!

DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://www.gagalsarjana.web.id/. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *