Kenapa Insomnia? INI 5 CARA UNTUK MENGATASINYA

susah tidur


Gagal Sarjana -Untuk insomnia atau sulit tidur, ada beberapa cara-cara alami yang bisa kamu lakukan. hal 5 ini di antaranya.
Sebagai anak muda, malam hari sudah menjadi waktu yang ditunggu-tunggu.
Ketika semua pekerjaan sudah selsai pasti di otak kita isinya cuman berkumpul dengan teman-teman. Janjian ngopi atau main kartu sampai pagi. Hal yang awalnya jarang di lakukan, tiba-tiba malah jadi rutinitas tanpa sengaja. Akhirnya hal itu jadi kebiasaan yang sulit hilang.

Dengan Terbiasa tidur larut kemudian dapat mengakibatkan diri kita untuk sulit tidur, sebenarnya ingin benar-benar segera tidur karena besok paginya pasti ada acara penting.
Nah, dalam ilmu kesehatan ada hal ini bisa masuk kategori pada insomnia.

insomnia di kategorikan dengan dua Faktor, yang pertama insomnia primer dan kedua insomnia sekunder. Insomnia primer merupakan kondisi di mana sulit tidur dialami karena faktor-faktor psikologis. yang Artinya tidak ada penyakit fisik dalam diri kita tertentu yang menyebabkan penderita  jadi sulit tidur.

Sedangkan insomnia sekunder merupakan gangguan dari efek penyakit lain. Seperti radang sendi, asma, depresi dll.

Bagi kamu yang mengalami insomnia primer, biasanya terjadi karena sulit sekali untuk tidur dalam jangka waktu yang lama. Ada temanmu Brisik sedikit kamu terbangun, ada hape getar kamu terbangun, bahkan cuma ada suara Cicak pun kamu terbangun.
untuk mencegah insomnia, sebenarnya kamu Jangan langsung mengonsumsi obat tidur dulu. Ada cara-cara alami yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan insomnia
Beberapa di antaranya adalah:
Pertama tama, coba mulai biasakan untuk tidur pada waktu yang sama. Misalnya, kamu mencoba untuk membiasakan tidur jam 9 atau jam 10 malam. Esok harinya lakukan cara yang sama. Sebisa mungkin dibiasakan. Hal ini perlu untuk menghilangkan kebiasaan begadang pada tubuh  kita.

Kedua, jika kamu ingin tidur dan sampai hampir setengah jam nggak mimpi-mimpi juga, maka lebih baik jangan dipaksakan. Selain kamu jadi cuma merem doang dan tidak betul-betul istirahat, kamu juga malah jadi lebih lelah karena pikiranmu malah melayang ke mana-mana. Lebih baik  bangun lalu lakukan kegiatan yang membosankan.
Misalnya membaca buku yang tidak kamu suka atau mendengarkan musik yang membosankan. Tetap harus rileks dan tidak usah memikirkan “aku harus tidur, aku harus tidur”. Percayalah, hal itu malah bikin kamu semakin terjaga dan nggak tidur-tidur. 

Ketiga, hindari kegiatan yang menarik kalau kamu sedang insomnia atau sulit tidur. Jangan ketika kamu ingin tidur lalu tidak juga mimpi-mimpi kamu malah main Moba legend, Free fire, atau malah kepikiran buat kepo akun sosmed gebetanmu. Yakin, itu tidak akan membantu. Justru pikiranmu malah terangsang untuk semakin fit dan tubuh nggak akan terasa lelah.

Keempat, mending hindari aja minum kopi atau merokok beberapa jam sebelum tidur kalau kamu insomnia atau sulit tidur.Karena kafein dan rokok malah menstimulus otak agar semakin fit. Kecuali kalau kamu memang mau nulis atau mau baca artikel ini—dan memang belum mau tidur. Itu sih beda perkara.


Kelima, jangan sesekali lihat jam atau berusaha mendengar suara jarum detik jam yang berjalan.
Saat akan tidur, dalam kondisi sunyi senyap dan sendirian suara jam yang berdetik memang kadang malah jadi teror yang menakutkan kalau kita insomnia. Hal ini mengakibatkan pikiran negatif. Apalagi kalau kamu malah penasaran, “Ini udah jam berapa ya?” wah itu malah bikin kamu jadi semakin sulit tidur dan semangat bangun lagi.
Lebih baik, matikan jam dindingmu untuk sementara. Copot batreinya atau banting aja sekalian dan tidak usah berpikir sudah jam berapa. Paling tidak hal itu bisa membuatmu jadi lebih tenang.


Nah, lima cara ini bisa kamu coba kalau kamu ingin menghilangkan kata insomnia atau sulit tidur. Jika ternyata masih tidak membantu, dan terjadi sampai berbulan-bulan, coba periksakan ke dokter.

DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://www.gagalsarjana.web.id/. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *